IKA Faperta Unri Apresiasi Panen Raya Semangka Gapoktan Indah

oleh -185 views

PEKANBARU – Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian Universitas Riau (IKA Faperta) Yudi Adrian, SP.,MP memberikan apresiasi kepada petani semangka Gapoktan Indah. Hal ini disampaikan dalam acara panen raya semangka yang diadakan oleh Gapoktan Indah di lahan semangka Jalan Uka, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru (14/7/2022).

“Kami sangat mengapresiasi usaha yang telah dilakukan Gapoktan Indah dalam budidaya semangka ini, karena budidaya semangka dapat meningkatkan ketahanan pangan dan menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan bila dikelola dengan benar. Ke depan IKA Faperta Unri akan turut memfasillitasi petani dalam mengatasi permasalahan kelompok tani,” ungkap Yudi.

Lebih lanjut Yudi mengatakan, beberapa permasalahan yang ditemui dari hasil diskusi dengan petani antara lain mengenai teknologi budidaya yang efektif, sarana prasarana seperti pompa air dan jonder mini untuk pengangkut hasil panen.

“Prasarana itu diperlukan lantaran Gapoktan ini mengelola lahan seluas 168 Ha. Lahan tersebut 90 persen adalah pinjaman. Gapoktan Indah ini memiliki potensi yang sangat besar, dengan gabungan lima kelompok tani yang beranggotakan 80 orang, Gapoktan Indah sangat potensial untuk dibina dan didukung oleh berbagai stake holder, baik dari pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha, koperasi dan organisasi lain yang terkait seperti IKA Faperta Unri,” kata Yudi di hadapan tamu undangan yang hadir.

Panen raya itu dihadiri antara lain  perwakilan Bank Indonesia, pengurus Inkopol, alumni yang menjadi Staf Ahli Kemendagri Viviana Hanifa, PPL dari Dinas Pertanian Kota Pekanbaru, Perusahaan Benih PT Panah Merah, Perusahaan Pestisida PT Darma Guna Wibawa, perwakilan dosen Faperta Unri, Pengurus IKA Faperta Unri dan anggota kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan Indah.

“Saatnya kita bangun kolaborasi untuk memajukan pertanian Indonesia khususnya petani yang tergabung dalam Gapoktan Indah, apa pun permasalahan petani bila kita bahu membahu sesuai kapasitas masing-masing, saya yakin yang berat menjadi ringan dan petani akan sejahtera,” kata Yudi yang didaulat untuk membuka secara resmi kegiatan panen raya itu.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.